Wednesday, December 9, 2015

Apa itu Pengertian Kartu Kredit, Kartu Debit, Kartu ATM?

Pengertian Kartu kredit adalah sebuah alat pembayaran pengganti uang tunai yang dapat digunakan oleh konsumen atau pemegang yang berasal dari kartu plastik untuk ditukarkan dengan barang dan jasa yang diinginkannya di tempat-tempat yang dapat menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit (merchant). Di jaman yang serba cepat dan serba teknologi membuat kebutuhan memiliki karti kredit menjadi tak terhindarkan. Tentu hal itu ditunjang karena kemudahan dan fasilitas yang diberikan oleh pihak penerbit seperti promo dan diskon menarik di restoran, tiket pesawat dengan pembayaran kartu kredit tertentu.

Memang jika dibandingkan dengan jenis-jenis kredit yang ditawarkan oleh perbankan, kartu kredit adalah salah satu kredit yang cukup mudah dan cepat disetujui. Dengan hanya melengkapi beberapa persyaratan sederhana seperti fotocopi KTP, slip gaji atau surat keterangan penghasilan, foto copy NPWP, dan surat keterangan lain yang dianggap perlu. Maka jika disetujui, anda sudah dapat memiliki kartu kredit denga limit yang ditentukan penerbit dan setelah diaktifkan, anda sudah bisa bertransaksi.

Mungkin anda lebih mengenalnya sebagai kartu utang, karena memang fungsinya yang dapat dimanfaatkan untuk meminjam uang ke bank penerbit dengan batas tertentu dan dibayar sebelum jatuh tempo. Dan pembayarannya juga bisa dibayar secara mencicil atau lunas, dan akan kena denda bila terlambat membayarnya.  

Jadi apakah keuntungan dari kartu kredit? Sebagai pengguna, saya merasakan sendiri manfaat yang diberikan oleh kartu plastik ini. Salah satunya adalah kita tidak perlu takut membawa uang tunai banyak ketika ingin transaksi. Berikut adalah beberapa keuntungan atau manfaat penggunaan credit card :
  • Memberikan kemudahan belanja secara online, terlebih saat ini banyak situs e-Commerce yang bermunculan dengan produk yang belum tentu bisa kita temukan di kota kita tinggal.
  • Banyak promo yang ditawarkan
  • Memudahkan bertransaksi di luar negeri
  • Tagihan saat belanja dapat dibayarkan belakangan
  • Tagihan bisa dibayar secara mencicil bahkan nol persen
Apa itu Pengertian Kartu Kredit, Kartu Debit, Kartu ATM? 
Bro, jangan hanya pikirkan keuntungannya saja. Kita harus tahu juga kerugiannya. Memang benar, agar kita dapat berhati-hati dalam menggunakannya.
  • Bunga yang berbeda untuk setiap transaksi
  • Ada limit penggunaan dari kartu
  • Ada batas waktu pembayaran tagihan kartu kredit, dimana jika telat membayar maka anda akan diberikan sanksi mungkin berupa denda atau jika semakin lama dibayar kartu anda di non aktifkan.
  • Menarik uang tunai dengan kartu kredit di ATM dikenakan denda yang cukup tinggi
  • Rentan kejahatan perbankan
Berdasarkan limitnya, kartu kredit terdiri atas beberapa jenis, yakni:
  • Kartu kredit silver, biasanya memiliki limit antara Rp3 juta-Rp4 juta
  • Kartu kredit gold, dengan limit antara Rp5 juta-Rp20 juta
  • Kartu kredit platinum, memiliki limit lebih dari Rp20 juta
Sementara jenis-jenis credit card dapat dibagi menjadi beberapa bagian seperti yang kami kutip dari Pengertianku.net
  • Change card, yaitu jenis kartu kredit yang dimana pengguna atau pemegang kartu kredit harus dapat melunasi semua tagihan (hutang) yang terjadi atas semua transaksinya sekaligus pada saat waktu jatuh tempo.
  • Credit card, yaitu sebuah sistem yang dimana pemegang kartu kredit ini melunasi tagihan yang terjadi atas dirinya secara angsuran ketika jatuh tempo.
  • Debit card, yaitu kartu yang dimana pembayarannya tagihan nasabah lewat pendebitan atas rekening yang terdapat di bank dimana saat dia membuka kartu kredit. Dengan begitu secara otomatis uang yang ada direkening nasabah akan berkurang sejumlah dengan transaksi yang dia lakukan dengan kartu kreditnya.
  • Check guarantee, kartu ini digunakan untuk jaminan dalam penarikan check serta kartu ini juga dapat digunakan untuk menarik uang tunai.
  • Cash card, kartu ini memiliki fungsi sebagai alat penarikan tunai ATM (Anjungan Tunai Mandiri) maupun di teller bank, tapi pembayaran cash ini tidak bisa dilakuka di luar bank.
Pengertian Kartu debit yang dikutip dari Wikipedia adalah sebuah kartu pembayaran secara elektronik yang diterbitkan oleh Bank. Kartu ini dapat berfungsi sebagai pengganti pembayaran dengan uang tunai. Kartu ini mengacu pada saldo tabungan bank anda di bank penerbit tersebut. Di banyak negara, penggunaan kartu debit telah menjadi begitu luas karena dapat menggantikan pembayaran melalui cek ataupun uang tunai.

Keuntungan Kartu Debit
  • Seorang konsumen yang tidak layak meng-kredit dan mungkin merasa sulit atau tidak mungkin untuk mendapatkan kartu kredit dapat lebih mudah mendapatkan kartu debit, sehingga memudahkannya untuk melakukan transaksi "plastik". Misalnya, undang-undang sering mencegah anak-anak dari mengambil hutang, yang mencakup penggunaan kartu kredit, tetapi tidak bagi transaksi kartu debit online.
  • Seperti kartu kredit, kartu debit diterima oleh pemilik usaha dengan identifikasi diri yang kurang dan pengawasan dari cek pribadi, sehingga membuat transaksi lebih cepat dan kurang intrusif. Tidak seperti cek pribadi, pedagang umumnya tidak percaya bahwa pembayaran melalui kartu debet mungkin kemudian ditolak.
  • Tidak seperti kartu kredit, yang membebankan biaya lebih tinggi dan tingkat bunga ketika uang muka diperoleh, kartu debit dapat digunakan untuk mendapatkan uang tunai dari ATM atau transaksi berbasis PIN tanpa tambahan biaya, selain biaya ATM asing.
Cara kerjanya mirip kartu kredit di mana cukup digesekkan ke mesin EDC. Bukan hanya cara kerjanya yang mirip melainkan bentuknya juga persis credit card . Untuk memiliki kartu debit sangat mudah, anda cukup datang ke Bank tertentu dan mengajukan diri menjadi nasabah tabungan. Maka bank akan dengan senang hati menerbitkan sebuah kartu debit atau kartu ATM yang juga berfungsi sebagai kartu debit.

Kartu debit di Indonesia sering dipergunakan secara luas dalam kegiatan berbelanja baik di pusat perbelanjaan maupun di toko swalayan, supermarket. Indonesia selain menerima kartu merek asing seperti Visa, Maestro, MasterCard, dan MEPS, negara ini juga memiliki jaringan nasional dari beberapa kartu debit domestik, seperti Debit BCA (dan jaringan mitra Prima, Prima Debit) dan Mandiri Debit. 

Kenapa disebut kartu debit? Karena saat kita menggunakannya dalam setiap transaksi atau berbelanja maka secara otomatis akan mengurangi (mendebit) saldo tabungan kita. Boleh dikatakan kartu ini tidak jauh beda dengan kartu ATM. Maka kalau saldo tabungan anda kosong, jangan harap anda bisa belanja lagi. 

Pada saat ini Masyarakat dunia, terutama Indonesia lebih sering menggunakan kartu kredit atau credit card untuk pembayaran transaksi yang dilakukan secara online, seperti belanja online dan belanja ditempat perbelanjaan yang tentunya menerima pembayaran via kartu kredit.

Pengertian Kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) atau dalam bahasa Inggris: Automated Teller Machine) yang dikutip dari Wikipedia adalah sebuah alat elektronik yang melayani nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia.  

Sumber

Artikel Terkait

Apa itu Pengertian Kartu Kredit, Kartu Debit, Kartu ATM?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 comments: